6 Tips Untuk Defend dan Attack di Rainbow Six Siege


Halo Sobat Milenial! Seperti yang dijanjikan waktu lalu, akan ada lanjutan tip dan trik untuk game Rainbow Six Siege. Jika kemarin adalah dasar dasar bertahan hidup, maka sekarang adalah cara untuk melawan balik musuh. Tapi ingat, bahwa informasi tetaplah yang terpenting dalam permainan Rainbow Six Siege ini. Rainbow Six Siege sendiri telah mengalami banyak perubahan di dalam gamenya, jadi informasi yang telah didapat mungkin bisa jadi obsolete ketika ada update. Akan tetapi dasarnya pasti tetap sama.


Pengolahan Informasi

Sumber gambar: stevivor.com

Jika Sobat Milenial dapat merasakan informasi yang didapat, sekarang adalah cara untuk memilah informasi tersebut. Pendengaran hanyalah alat dasar untuk mengambil informasi, tapi meski dasar, tetaplah yang efektif. Namun, masih ada banyak cara untuk mencari informasi selain dari suara. Mulai dari ping system, komunikasi antar tim, sampai fitur drone dan camera. Sobat Milenial juga sebaiknya membiasakan diri menghafal berbagai informasi yang didapat, sekecil apapun itu, setidaknya keep it in the corner of your brain.


Penggunaan Drone/CCTV yang efektif

Sumber gambar: reddit.com

Drone bagi attacker, atau surveillance camera, atau CCTV bagi defender adalah sumber informasi paling utama bagi para pemain di Rainbow Six Siege. Alat-alat ini dapat memindai dan mengenali musuh yang akan dihadapi dan dapat dilihat oleh seluruh tim. Karena semakin banyak pemain yang mulai hafal dengan lokasi kamera, defender pastinya akan membutuhkan alat-alat ekstra dari operator sebagai penunjang penerimaan informasi. Sebagai attacker, drone dapat bergerak, dan ukurannya yang kecil membuatnya dapat ditempatkan di posisi yang cukup unik, tidak seperti kamera para defender yang stasioner. 
 
Cara yang paling efektif bagi defender adalah penempatan kamera tambahan dilokasi yang strategis, dan memakai kamera CCTV sebagai umpan demi mengetahui komposisi tim musuh. Bagi attacker sendiri, sebaiknya setiap drone berpencar dan selama mungkin menghindari peluru sambil mencari informasi.  Bagi attacker, usahakan mempertahankan dronenya, karena tanpa drone, attacker menjadi buta akan kejutan yang telah disiapkan oleh defender.

Modifikasi Area Sesuai Keinginan

Sumber gambar: rainbowsix.fandom.com

Sebagian besar area di Rainbow Six Siege dapat dihancurkan dengan senjata besar atau ledakan. Hal ini memengaruhi jalannya suara dibalik tembok, dan juga serpihan-serpihannya dapat menjadi indikasi suara bagi semua pemain. Diluar itu, areanya sendiri dapat diperkuat oleh defender, dan attacker hanya dapat menghancurkannya dengan skill mereka. Defender pastinya akan memodifikasi area sesuai keinginan mereka, dan attacker harus mengawasi sisi belakang mereka agar tetap aman dari taktik defender yang mengenal apa saja yang telah disiapkan. Maka dari itu, lakukan apapun untuk membuat area yang harus dijaga ataupun diserang senyaman mungkin.

Baca juga: Ragiel EXAGON Berbagi Tips Cara Main PUBGM Ala Pro-Player

 

Skill Operator

Sumber gambar: stevivor.com

Skill operator tidak hanya sebatas skill saja, mereka juga memiliki sinergi antar kemampuan yang dapat membantu lancarnya serangan. Setiap skill memiliki keunikan masing-masing dan dengan mengetahui apa efek dari setiap skill akan sangat akan membantu, karena lagi-lagi informasi adalah senjata pada permainan ini. Jika Sobat Milenial mengetahui efek dari setiap skill yang dimiliki maka pastinya akan mengurangi kepanikan saat menerima serangan mendadak dari musuh. Jadi, pasti akan membuat pikiran cukup tenang dan dapat terus berkonsentrasi.


Spawnpeek

Sumber gambar: steamcommunity.com

Spawnpeek merupakan sebuah istilah dari sebuah taktik dimana defender membunuh attacker pada saat permainan baru dimulai, entah dengan menunggu lewat jendela, atau keluar area defender dan melempar bom kepada spawn area attacker. Bisa dibilang cara ini tidak adil, tapi memang seperti itu kenyataannya, dan kelalaian dapat membunuhmu. Spawnpeek sendiri legal meskipun memang cukup licik untuk digunakan. Untuk melakukan spawnpeek sendiri, pemain harus hafal dengan peta yang dimainkan, dan tim attacker harus selalu waspada dalam permainan. Maka dari itu waktu yang diberikan hanya sebentar, agar tidak membebani pemain. Pada dasarnya spawnpeek itu simpel, hanya memprediksi dimana musuh akan datang, dan menunggu mereka. Lalu, bagaimana cara mengatasi Spawnpeek?

  • Pertama, gunakan drone untuk mengecek apa ada jendela atau tembok yang rusak, lalu setelah attacker spawn, bergegas lari dari tempat itu dan mencari tempat perlindungan yang lain untuk mencegah serangan bom para defender.
  • Kedua, secara pelan pelan mendekati titik buta area defender. Jika kamu percaya diri dengan akurasimu, maka kamu dapat menembak defender dari luar area. Tidak ada acara konkrit untuk mengatasi spawnpeek, yang ada hanyalah improvisasi berdasarkan pengalaman.

Spawnpeek sendiri telah membawa ratusan jiwa menuju frustasi karena jika Sobat Milenial terkena spawnpeek, bisa jadi dalam 5 detik pertama Sobat Milenial sudah mati tanpa melakukan apa apa. Kalaupun hidup, HP (health point) Sobat Milenial akan berkurang dan pastinya mempengaruhi pertempuran.

Jebakan dan Umpan

Sumber gambar: guides.gamepressure.com

Defender yang telah memodifikasi areanya pasti akan memberi jebakan dan umpan untuk attacker. Defender dapat menguatkan suatu koridor dan melemahkan koridor lain sebagai umpan, siasat, dan jebakan. Lalu, yang akan menghadapi semua itu adalah attacker. Cara terbaik untuk menghindari siasat defender adalah dengan menggunakan drone untuk melihat apa yang telah disiapkan defender (scouting). Apakah tim attacker dapat mencari titik lemah dalam pertahanan defender, atau mereka akan menerobos titik kuat menggunakan serangan kejut, itu semua tergantung oleh apa yang disiapkan oleh defender. Jika pertahanannya tipis, maka tembok dapat dihancurkan sebagai jalan masuk alternatif. Jika pertahanannya berlapis skill khusus untuk bertahan, hancurkan dengan skill khusus milik attacker. Sinergi antar operator yang dapat saling menghancurkan membuat taktik yang digunakan terus berubah. Oleh karena itu, Sobat Milenial, sekali lagi ditekankan jika informasi adalah nomor satu bagi Rainbow Six Siege.

Jadi, itu tadi 6 tips and tricks untuk bertahan dan melawan musuh secara efektif pada game Rainbow Six Siege, Sobat Milenial. Kalau kamu pemain baru dari game ini, pasti bakal helpful nih tipsnya! Langsung coba kuy!



Artikel oleh: Glennanda F.

Editor: Nur Annisa H.

Jumlah kata: 868

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Rekomendasi Novel Metropop Romance yang Bikin Geregetan

6 Rekomendasi Café dan Resto Outdoor Bernuansa Alam di Jawa Timur

Free Fire Battlegrounds, Mobile Game yang Jadi Primadona di Kalangan Pemuda