Ragiel EXAGON Berbagi Tips Cara Main PUBGM Ala Pro-Player

Pekan lalu (12/11/2020), Esports Academy ID mengadakan sebuah webinar menarik untuk para gamers loh. Webinar ini membahas mengenai langkah awal menjadi pro-player dalam Playerunknown’s Battle Ground Mobile (PUBGM). Tujuannya adalah untuk berbagi ilmu pada para gamers pemula mengenai sistem e-sports dan cara pro-players bertarung di dalam game.
 
E-sport Academy ID merupakan sekolah e-sport terbuka yang menyediakan fasilitas dan pelatihan bagi yang ingin berkarir di dunia e-sport, baik tingkat nasional maupun internasional. Esports Academy ID telah dipercaya oleh beberapa tim terkenal di Indonesia dan merupakan penyalur atlet e-sports ke seluruh Asia. Tim yang berada dibawah naungan E-sports Academy ID akan mendapat pelatihan khusus dari pro-players ataupun veteran pro-players.

Salah satu pemateri pada webinar tersebut adalah Cahya Igusti Ragiel, atau yang biasa dikenal dengan EXAGON dalam turnamen. Ia adalah seorang pro-player yang telah berkali-kali mengikuti turnamen e-sports nasional dan internasional. Pada PUBG Indonesia Series 2020 – Season 3 yang diadakan online, timnya memenangkan posisi kedua. Ada pun pada Legion of Champion IV 2019 yang diadakan secara langsung di Thailand, Ragil dan timnya menggaet posisi pertama. 

Cahya Ragiel. Sumber gambar: liquipedia.net/pubg/Exagonid

Komunikasi itu sangat krusial

Ragiel memberikan materi tentang bagaimana menjadi pro-player dalam permainan PUBGM. Ia menjelaskan bahwa komunikasi sangatlah penting dalam permainan PUBGM. Bagi pro-player, cara berkomunikasi dan koordinasi terbagi menjadi beberapa bagian; komunikasi untuk loot, posisi, rotasi, musuh, dan bahkan saat perang.

Dalam proses loot, setiap pemain perlu meng-update barang yang didapat atau ditemukan saat permainan. Ragiel pun juga berkata, sebaiknya jangan beralasan tas penuh dan lain-lain ketika menemukan barang yang dibutuhkan teman satu tim, karena akan membuang waktu.” Jadi, pemain harus saling berkoordinasi dan melengkapi rekan satu tim agar dapat looting dengan cepat dan tidak membuang waktu.

Terkait komunikasi posisi, Ragiel menerangkan jika sebagai pemain sebaiknya bisa menjelaskan posisinya secara detail dan singkat. Sebab meskipun terlihat dalam peta, mengetahui detail lokasi seperti gundukan jalan, atau bangunan dapat mempengaruhi kemungkinan hidup jika tiba-tiba berada di posisi yang genting.

Map Erangel. Sumber gambar: pubgmap.io_erangel

Untuk rotasi dan musuh, Ragiel memaparkan bahwa setiap pemain harus tetap tenang dan fokus dalam menjelaskan situasi secara benar. Jika bingung katakan saja tidak tahu, dan amati lagi dengan lebih teliti. Perbedaan permainan pro dan classic adalah dalam sistematika safe-play dimana semuanya terkalkulasi dengan baik, sehingga hampir tidak mungkin musuh akan datang menggunakan taktik yang aneh atau tidak masuk akal. 

Lalu, laporkan segalanya secara detail pada saat war (perang) karena semua informasi sangat penting untuk kemenangan. sebelum pertandingan, alangkah baiknya jika tim dapat berdiskusi dulu untuk membua singkatan untuk call-outs. Hal ini bertujuan agar pertukaran informasi dapat lebih efektif”, ujar Ragiel.

Pada akhir sesi pertama, Ragiel menjelaskan bahwa tujuan dari komunikasi yang baik adalah agar dapat memanfaatkan waktu singkat yang ada dengan seefektif mungkin, sehingga kekuatan tim dapat terorganisir dengan baik di segala situasi. Lalu, pada materi berikutnya, Ragiel melanjutkan penjelasan tentang Team Fight dalam PUBGM.

 

Waspada dalam setiap team fight

Ragiel mengatakan bahwa ada 3 tipe team fight. Pertama adalah Neutral Fight, yang intinya adalah pertarungan yang mendadak dan membutuhkan refleks yang cepat. Umumnya terjadi saat pertama turun dari pesawat, atau secara tidak sengaja bertemu musuh di tengah perjalanan. Dalam neutral fight dibutuhkan refleks yang cepat dan tim harus memutuskan apakah akan melawan atau menghindar.

Kedua adalah Offensive Fight, yang fokusnya adalah untuk memberikan kemudahan untuk late game. Ketika keadaan merugikan, lingkaran arena mengecil, dan waktu yang semakin sempit, offensive fight dilakukan untuk mendapatkan posisi yang baik. Umumnya di offensive fight itu do or die, dimana jika gagal, maka permainan akan selesai dengan kekalahan, atau menjadi sangat sulit karena tidak diperuntungkan oleh keadaan yang dimiliki.

Ketiga adalah Defensive Fight, yaitu mempertahankan hal-hal yang dimiliki, termasuk lokasi. Tujuan dari defensive fight adalah mencari poin dalam turnamen, seperti loot, kill, dan stronghold.

Selanjutnya, adalah tipe yang diluar tiga rumus umum team fight dalam turnamen pro: Trading Fight; yaitu ketika kamu mengalahkan musuh dengan sedikit pengorbanan dan/atau setimpal (jika diperlukan). Sangat jarang ditemukan, karena umumnya trading fight terjadi di fase paling akhir dalam turnamen.

Selanjunya, ada Unconventional Fights seperti hotdrops yang berarti memasuki area pertempuran yang sudah dipastikan ada lebih dari satu tim di lokasi. Dijelaskan jika melakukan hotdrops harus memastikan posisi musuh, apapun caranya, sebab musuh akan melakukan hal yang sama. Jadi, yang harus dilakukan adalah mark and secure area. Umumnya hotdrops dilanjutkan dengan compound war, dimana setiap tim yang berada di hotdrops saling menyerang dan membersihkan kompleks bangunan untuk menjadikan area itu sebagai defensive position.

Untuk PUBG, dan battle royale pada umumnya, ada kala pihak ketiga akan menyerang setelah pihak pertama atau kedua selesai perang, jadi Ragiel berpesan untuk selalu hati-hati, waspada, dan selalu open dengan segala informasi yang didapat.

 

Perhatikan team positioning & waktu

Ragiel mengatakan, "Jangan pernah diam di satu tempat terlalu lama, dan sering-seringlah melakukan rotasi posisi". Hal ini karena diam di satu tempat dalam waktu yang lama akan memudahkan musuh untuk (misalnya) meledakkan seisi rumah. 

Ragiel juga menambahkan bahwa inti dari permainan ini adalah waktu. Perhatikan waktu yang pas untuk menyerang, bertahan, ataupun bersembunyi. Namun, perlu diingat bahwa terkadang timing tidak datang dua kali, jadi tim juga harus bisa mengambil keputusan dengan cepat. Di luar teknis permainan, Ragiel menyarankan untuk mengatur grafis rata kiri untuk kelancaran permainan, karena sedikit gangguan bisa berakibat fatal bagi tim disaat turnamen.

Nah, itulah ulasan singkat tentang hal-hal yang harus diperhatikan oleh para pro-players di PUBGM. Kalau kamu berencana jadi pro-player, berarti kamu juga harus terbiasa juga nih menerapkan tips-tips tadi. Selamat berlatih, sobat milenial!


Artikel oleh: Glennanda F. P 

Editor: Shinta W.

Jumlah kata: 885

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Rekomendasi Novel Metropop Romance yang Bikin Geregetan

6 Rekomendasi Café dan Resto Outdoor Bernuansa Alam di Jawa Timur

Free Fire Battlegrounds, Mobile Game yang Jadi Primadona di Kalangan Pemuda