6 Rekomendasi Novel Metropop Romance yang Bikin Geregetan

Kaum milenial boleh sering disibukkan dengan isu pengembangan diri yang jadi trend saat ini, tapi kita nggak bisa menyangkal kalau novel metropop tetap di hati. Selain punya ciri khas latar belakang kaum urban yang realistis, metropop juga memberikan bumbu-bumbu percintaan yang manis. Berikut rekomendasi novel metropop dari para penulis milenial yang kisah romansanya bikin gregetan!


1. Melbourne Wedding Marathon

Sumber foto: i.gr-assets.com

Novel ini merupakan debut pertama Almira Bastari. Menceritakan tentang Sydney, seorang wanita lulusan luar negeri yang cerdas dan mandiri tapi masih jomblo, Melbourne Wedding Marathon sangat pas buat kamu yang udah sering ditanya, “Kapan nikah?”

Sydney merasa gagal dengan kehidupan percintaannya, sampai ia bertemu dengan Anantha, pria yang punya banyak mantan dan menawan (dari segi dompet dan tampang). Plus, dia adalah majikannya Sydney! Suatu hari, karena termakan hasutan mantan, Anantha meminta Sydney untuk jadi “kekasihnya”.

Well, mungkin dari sini kamu bisa menebak apa yang akan terjadi gara-gara kisahnya yang terdengar klise: perjanjian kekasih kontrak. Tapi, gaya bercerita Almira yang fun dan karakter Sydney yang pintar tapi cupu banget soal urusan cinta bakal bikin kamu geleng-geleng kepala.   


2. Resign

Sumber foto: i.gr-assets.com

Masih dari Almira Bastari, novel yang diangkat dari Wattpad ini udah dibaca lebih dari empat juta pengguna dan dicetak ulang sebanyak empat kali dalam waktu hanya sebulan! Dalam novel ini, Almira bikin kamu kenyang sama drama kantor, mulai dari pergosipan para cungpret (kacung kampret) sampai kisah percintaannya sama atasan.

Ketika kebanyakan pegawai berlomba-lomba untuk dapat promosi, para pegawai di novel ini malah balapan resign! Buku kedua Almira ini bercerita soal Alranita, pegawai paling muda di perusahaan konsultan, yang tertekan sama bos. Bos arogan dan ganteng ini bernama Tigran. Pst, dia masih muda dan jomblo, lho.

Kalau di Melbourne Wedding Marathon, si ceweklah yang masih prematur soal cinta, di sini kamu bakal dibikin gemas sama si cowok yang udah “matang” tapi polos banget. Yah, bolehlah dia sekolah S2 sampai 3 kali, tapi… Ah, udahlah. Pokoknya, siap-siap ngakak deh gara-gara cara pendekatan Tigran yang unik dan main tebak-tebakan siapa yang resign duluan. 


3. Algoritme Rasa

Sumber foto: ebooks.gramedia.com

Gimana sih rasanya suka sama mantan pacar sahabat kita? Pradnya Paramitha kasih jawabannya lewat novel keempatnya, Algoritme Rasa. Di sini, ada Junia, seorang programmer wanita yang suka kabur kalau ada pria yang mendekatinya secara serius.

Terus, muncullah Bhisma, mantan pacar sahabatnya, Sarah. Junia dan Bhisma menjalankan misi untuk memisahkan Sarah dengan tunangannya yang sekarang, Harsya. Bhisma ingin balikan dan Junia nggak setuju sama hubungan Sarah-Harsya. Namun, kenyataan berkata lain. Kedua insan dalam misi itu jadi makin dekat. Terlalu dekat sampai Junia harus merasakan patah hati yang sangat pahit.

Euh, kena banget nggak sama gambaran ceritanya? Kalau kamu mulai skeptis sama ceritanya yang terkesan klise, jangan dulu! Soalnya, Pradnya nggak memberhentikan konflik dalam novel ini sampai di situ aja. Kamu bakal dihantam dengan konflik keluarga dan persahabatan, yang mana jadi bikin kisah cinta antara Junia dan Bhisma makin seru (dan rumit). Yang paling penting adalah, siapkan tisu karena novel ini memang bikin terharu.


4. Gincu

Sumber foto: www.gramedia.com

Tulisan dari lulusan Sastra Indonesia ini memang patut jadi rekomendasi metropop yang wajib kamu baca. Novel ini merupakan buku keenam LM Cendana yang menceritakan kisah cinta segitiga antara editor Nuansa, penulis Ilalang, dan psikiater Sabda.

Nuansa, seorang editor novel romantis, mengkhayal bakal punya cerita asmara kayak novel-novel pada umumnya. Pucuk dicinta ulam pun tiba, dia kedatangan seorang tetangga berlatar belakang psikiater yang ganteng banget. Dia jatuh cinta detik itu juga.

Tapi, Sabda masih gagal move on dari kekasihnya yang hilang gara-gara kecelakaan pesawat. Di saat itu pula, muncul penulis berondong bernama Ilalang yang menawarkan hatinya. Dikejar dua cowok yang husband materials, siapa yang nggak gregetan, sih? Antara penulis dan psikiater, kamu pilih yang mana?


5. Secangkir Kopi dan Pencakar Langit

Sumber foto: i.gr-assets.com

Metropop dengan nama beken SKdPL ini merupakan hasil tulisan Aqessa Aninda, yang dikenal melalui Wattpad. SKdPL menceritakan Satrya, seorang pria yang bukan player tapi tahu banyak hal tentang wanita. Jadi, nggak heran dia punya pemikiran kalau tampilan fisik adalah hal yang paling memikat dari perempuan, mendahului inner beauty.

Tapi, konsep itu seketika sirna saat dia bertemu dengan Athaya, seorang IT system analyst yang bekerja di perusahaan yang sama dengannya. Athaya is effortlessly pretty dan bikin Satrya merasa nyaman. Dengan tampangnya yang di atas rata-rata, Satrya sebenarnya bisa memilih cewek yang lebih cantik, tapi dia menjatuhkan hatinya pada Athaya.

Namun, batin Satrya makin galau dengan fakta kalau si cewek diam-diam udah suka sama teman Satrya sendiri, Ghilman, yang udah punya pacar. Whoa, siapakah yang akan memilih dan terpilih?


6. Claires

Sumber foto: i.gr-assets.com

Selamat menikmati karya dari Author of the Month Februari 2019 ala Gramedia, Valerie Patkar. Tokoh utamanya adalah Claire Paveitria, calon penulis yang bertempat tinggal di Bali. Ia berpacaran selama empat tahun sama Kai, pembalap F1 dari Indonesia yang harus sering pergi ke arena balap di luar negeri.

Long Distance Relationship (LDR) membuat jarak memisahkan mereka. Kekosongan itu kemudian mulai diisi oleh lelaki “iseng” bernama Ares Nota yang nggak mudah menyerah untuk mengikuti Claire. Awalnya, dia pikir seru nih ngisengin cewek orang. Ternyata, keisengan berubah jadi kesengsem. Ares Nota benar-benar jatuh cinta sama Claire.

Claires cocok banget deh buat kamu yang lagi LDR biar makin membangun trust issues di antara kalian, hehehe... Kekuatan dari Valerie Patkar adalah gaya bahasanya yang kekinian tapi kena banget! Dia makin membuat kita berpikir makna hidup dan cinta yang sesungguhnya.

Jadi, rekomendasi novel metropop mana yang mau kamu baca duluan?



Artikel oleh: Maulidina M. F

Editor: Nur Annisa H.

Jumlah kata: 871

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Rekomendasi Café dan Resto Outdoor Bernuansa Alam di Jawa Timur

Free Fire Battlegrounds, Mobile Game yang Jadi Primadona di Kalangan Pemuda