Tahapan Menggunakan Makeup yang Tepat Agar Riasanmu Tampak Flawless

Jaman gini gak pakai makeup atau skincare? Meskipun kamu hanya menggunakan face wash, kamu sudah bisa disebut sebagai pengguna skincare loh! Sama halnya jika kamu hanya menggunakan bedak bayi dan lipgloss, kamu termasuk pengguna makeup. Wajar kok kalau kita sebagai wanita selalu ingin tampil cantik dan menawan. Jadi, jangan malu untuk membuka diri terhadap hal ini ya, Sobat Milenial. Di artikel kali ini, kita akan berbagi tahapan yang tepat dalam menggunakan makeup bagi kamu para make-up enthusiast pemula.

 

1. Moisturizer

Sumber gambar: Pinterest

Kenapa harus pakai mositurizer? Alasannya adalah tidak semua produk makeup akan 100% cocok untuk kulit wajahmu. Yang dimaksud cocok adalah dari segi kandungan dan hasil makeupnya. Nah, moisturizer ini akan membantu kulitmu untuk menyeimbangkan kandungan dari foundation yang akan kamu pakai nanti. Moisturizer juga akan menjaga kelembaban kulitmu selama durasi penggunaan make-up loh! Oleh karena itu, jangan sampai kelewatan pakai moisturizer ya.


2. Sunscreen

Sumber gambar: Pinterest

Pertanyaan sama juga diajukan kepada sunscreen, apakah perlu menggunakan sunscreen? Jawabannya adalah sangat perlu! Dengan aktivitas padatmu yang memungkinkan kulitmu untuk terpapar sinar matahari baik secara langsung tidak langsung, kulitmu akan menjadi kusam, keriput, flek hitam, bahkan terasa seperti terbakar jika kamu tidak menggunakan sunscreen. Nah, sebaiknya gunakan sunscreen ini 15-30 menit sebelum aktivitas diluar ruangan ya.


3. Primer

Sumber gambar: Pinterest

Eitss, jangan pakai foundation dulu. Masih ada primer yang perlu kalian gunakan sebelum foundation. Kalau kamu ingin hasil make-upmu flawless dan tahan lama, jangan lupain primer deh. Nah, primer ini berfungsi untuk menyiapkan kulit kamu sebelum make-up step selanjutnya. Primer akan mengurangi tampilan garis-garis halus, kerutan dan pori-pori diwajah. Dijamin hasil akhir makeupmu akan terlihat halus dan nyaris sempurna, deh!


4. Foundation

Sumber gambar: Pinterest

Tahapan yang pastinya kalian tunggu-tunggu, yakni pengaplikasian foundation. Berdasarkan konsistensinya, ada berbagai jenis foundation; low coverage, medium coverage, high coverage. Untuk keseharian, sebaiknya pilih yang low-medium coverage saja. Produk satu dari segi ini, kamu bisa menutupi kekurangan kulitmu, misalnya seperti bercak dan bekas jerawat. Cara pakainya tinggal teteskan foundation ke punggung tangan secukupnya, kemudian aplikasikan ke seluruh wajah secara merata menggunakan jari, sponge, atau kuas makeup, sesuaikan dengan seleramu. Agar hasil tidak berlebihan, pilihlah foundation yang sesuai dengan warna kulitmu.


5. Concealer

Sumber gambar: Pinterest

Kantung mata dan dark spot di wajahmu masih terlihat? Jangan bingung, masih ada concealer yang akan membantumu menyamarkannya! Dari namanya aja 'concealer' ya, jadi  akan 'menyembunyikan'. Dengan produk ini, masalah seperti mata panda, bekas jerawat, dan noda-noda di wajah yang terlihat dapat kamu samarkan secara instan. Tapi, kamu bisa skip tahap ini juga kok, jika foundation sudah cukup untuk menutupi masalah-masalah diatas. Tips dari Pojok Milenial, carilah warna concealer yang senada dengan foundation kamu, jadi bisa tercampur dengan cantik dan gak terlihat abu.


6. Contour

Sumber gambar: Pinterest

Untuk make-up keseharian, contour sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Tapi, gak ada salahnya jika kamu ingin mengaplikasikan contour ke area wajah yang dirasa perlu, karena produk ini memang bisa membuat bagian wajahmu tampak tirus loh. Jadi, fungsinya memberi bayangan semu seperti mantanmu. Jika kamu menggunakan powder contour, maka pengaplikasiannya setelah memakai bedak ya. Namun, jika kamu memakai contour stick atau cream, maka aplikasikan sebelum kamu memakai bedak, yakni setelah kamu mengaplikasikan concealer.

Baca juga: 6 Rekomendasi Produk Skincare Lokal yang Cocok untuk Pemula

 

7. Bedak

Sumber gambar: Pinterest

Urutan make-up selanjutnya adalah mengaplikasikan bedak pada wajah. Karena banyak jenis bedak untuk memenuhi kebutuhanmu, tinggal pilih saja yang paling cocok dengan warna kulitmu. Untuk kulit kering lebih direkomendasikan bedak padat, sedangkan yang kulit berminyak sebaiknya pilih bedak tabur. Pengaplikasian bedak bisa kamu lakukan dengan menggunakan spons atau kuas bedak besar untuk mendapatkan hasil riasan yang rapi. Jika kamu ingin yang tipis saja agar kulit tidak terlalu kering, kamu bisa aplikasikan bedak tabur secara tipis-tipis pada bagian yang dirasa lebih berminyak seperti T-zone dan bagian yang sering crack seperti bawah mata.


8. Bingkai Alis

Sumber gambar: Pinterest

Jenis dan bentuk alis setiap orang berbeda-beda, tapi kamu bisa mencoba untuk 'membentuk' alismu dengan cara membingkai alis sesuai yang diinginkan, lalu mengarsir bagian dalamnya. Hal ini bisa dicapai dengan pensil alis, atau cukup dengan menggunakan sisir alis untuk kesan yang lebih natural. Brow mascara adalah produk tambahan yang bisa kamu aplikasikan setelah menggambar alis supaya alismu lebih rapi dan tahan badai.


9. Riasan Mata

Sumber gambar: Pinterest

Akan lebih baik jika kamu menggunakan eye primer terlebih dahulu sebelum eyeshadow agar hasilnya lebih tahan lama dan sempurna. Namun, tentu saja tahapan ini opsional. Kamu bisa langsung memulai dengan memoles eyeshadow untuk menghias kelopak mata. Kamu juga bisa menambahkan eyeliner untuk membuat riasan matamu lebih bold. Kamu bisa pilih antara eyeliner cair ataupun pensil, tapi bagi pemula lebih direkomendasikan pakai yang pensil karena lebih mudah diaplikasikan. Terakhir, untuk membuat bulu mata terlihat tebal dan lentik, gunakanlah mascara.


10. Blush On
Sumber gambar: Pinterest

Untuk penggunaan cream blush atau stick blush, maka aplikasikan setelah kamu menggunakan concealer dan contour, jadi sebelum memakai bedak. Blush yang bisa diaplikasikan setelah penggunaan bedak adalah powder blush. Namun, pemakaian powder blush setelah foundation dan concealer juga bisa dilakukan lho. Hal ini dilakukan jika kamu ingin memakai bedak yang tipis, atau jika kamu ingin si blush on lebih tahan lama.


11. Lipstick

Sumber gambar: Pinterest

Tahapan yang terakhir adalah menggunakan lipstick, liptint, lip cream atau jenis pewarna bibir apa pun yang ingin kamu pakai. Sebelum menggunakan lipstik, kamu perlu memastikan bibirmu dalam keadaan bersih, lembap dan bebas dari kulit mati. Karena dengan begitu, lipstick kamu akan terlihat flawless dan tahan lama di bibir. Makanya, aplikasikan lipbalm terlebih dulu sebelum memoles produk pewarna ini ya.

Tak hanya produknya, memahami tahapan dan cara pengaplikasian produknya pun juga sama pentingnya untuk menghasilkan riasan wajah yang flawless. Jadi, semoga artikel ini dapat membuatmu lebih memahami tahapan penggunaan makeup ya, Sobat Milenial!



Artikel oleh: Lintang A.P

Editor: Shinta W.

Jumlah kata: 900

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Rekomendasi Novel Metropop Romance yang Bikin Geregetan

6 Rekomendasi Café dan Resto Outdoor Bernuansa Alam di Jawa Timur

Free Fire Battlegrounds, Mobile Game yang Jadi Primadona di Kalangan Pemuda