5 Alasan Mengapa Mengembangkan Potensi Diri itu Penting untuk Masa Depanmu

Halo, sobat milenial! Apa kamu pernah mendengar tentang Self-Development? Yup! Self-development atau pengembangan potensi diri adalah proses dimana kamu secara bertahap meningkatkan kemampuan dan memperbaiki karakter dirimu, tak hanya dari segi perilaku, namun juga dari segi mental dan spiritual. 

Pengembangan potensi diri ini sangat krusial karena bisa berdampak pada segala aspek di hidupmu, mulai dari karir, pendidikan, sampai ke aspek personal seperti asmara. Sebenarnya, apa saja sih yang bisa kamu peroleh dengan mengembangkan potensi dirimu secara penuh? Yuk simak penjelasan dari poin-poin berikut ini!


1. Sarana Mengenali Diri Lebih Dalam

sumber foto: unsplash.com

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit diawal tadi tentang mengapa pengembangan diri itu sangatlah penting bagi sobat milenial, yup untuk mengenal identitas diri secara utuh sebagai individu yang akan terus berkembang. Ketika kita bertekad untuk melakukan pengembangan potensi diri, tentu hal yang pertama kali kita lakukan adalah menelaah kelebihan dan kekurangan dari diri kita untuk mengetahui potensi apa saja sih yang dapat dikembangkan secara optimal. 

Hal ini bisa diketahui dengan berbagai macam teknik, semisal menggunakan analisis SWOT yang terdiri atas Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (peluang), dan yang terakhir Threat (ancaman). Dengan melakukan analisis diri ini, kita akan menggali segala hal terkait diri kita dari berbagai sudut pandang hingga kita mendapatkan kesimpulan terkait gambaran diri kita yang sebenarnya. 

Dengan mengenali identitas yang dimiliki, kita tentu dapat menjadi pribadi yang berkarakter dalam mengambil segala keputusan untuk masa depan dengan lebih percaya diri dan penuh dengan keyakinan.


2. Paham Tujuan Hidup

sumber foto: medium.com

Permbicaraan terkait tujuan hidup di umur yang mungkin masih terbilang belia terdengar seperti sesuatu yang terlalu serius dan berlebihan mungkin hehehe. Eits… tunggu dulu, namun percayalah sobat milenial, bahwa sudah selayaknya tujuan hidup atau goals yang ingin kita capai di masa depan dipikirkan secara matang sedini mungkin. Ada petuah yang mengatakan jika dirimu di masa depan akan ditentukan oleh apa yang dirimu perbuat sekarang. Artinya bahwa, sobat milenial sendirilah yang menjadi nahkoda kemana akan berlayar dan berlabuh suatu hari nanti. 

Berkaitan dengan poin sebelumnya, dengan memahami potensi diri, kita akan lebih mudah untuk menetapkan tujuan hidup dan karir yang ingin dicapai. Hal ini juga akan menjauhkan kita dari sesuatu yang kurang bermanfaat dalam menetapkan keputusan karena kita tahu apa yang inginkan, bagaimana dan mengapa kita dapat dan harus menggapainya. 

Oh iya, tekad atau kemauan untuk melakukan pengembangan diri memiliki ‘efek domino’ yang tentu bermanfaat bagi diri kita.


3. Memperkaya Sudut Pandang

sumber foto: gbika.org

Pengembangan diri membuat kita akan lebih banyak mengeksplorasi gambaran kehidupan orang-orang sukses yang sejalan dengan goals kita. Hal ini akan berdampak pada cara pandang yang kita miliki terhadap sesuatu. Dengan menelaah kehidupan dan langkah-langkah yang orang-orang tersebut lakukan tentu akan membuka pikiran kita tentang banyak hal, dan juga berguna agar kita dapat melihat suatu tantangan dari berbagai macam perspektif yang akan membuat kita lebih siap dalam menghadapinya. 

Selain itu, memperhatikan orang-orang tersebut serta berinteraksi dengan mereka akan menambah khazanah pengetahuan dan memperluas cakrawala kita karena setiap orang ditempa dengan hal yang beragam dan ini menjadi keuntungan yang sangat besar bagi kita yang tengah mempersiapkan masa depan. Dengan memperkaya perspektif, kita juga akan lebih mudah melihat peluang yang ada dan tidak terpaku hanya pada satu jalan semata.


4. Memperluas Koneksi dan Pertemanan

sumber foto: blog.westminster.ac.uk

Dalam proses pengembangan diri, seringkali kita dipaksa untuk keluar dari ‘zona nyaman’ kita sendiri. Keberanian untuk berkembang tidak cukup hanya dilaksanakan seorang diri, tetapi juga memerlukan pembelajaran dari orang lain secara langsung dan mengikuti program-program yang tersedia di luar sana. 

Hal ini memungkinkan kita untuk bertemu, berinteraksi, dan berdiskusi dengan banyak orang terkait kehidupan itu sendiri. Dengan memperbanyak kegiatan sosialisasi, kita akan dengan mudah membangun relasi dengan orang lain, dan menjadi lebih mudah membaur, bekerja sama, beradaptasi, juga memahami perbedaan karakter individu lainnya. Tidak lupa, semakin luas jaringan yang kita miliki, semakin besar juga peluang kita untuk membangun karir.


5. Membentuk Mental Tahan Banting

sumber foto: www.idntimes.com

Sebagai kaum milenial, kita sering kali merasa masih kecil dan belum bisa apa-apa. Ketika kita dihadapkan dengan suatu persoalan, kita kerap lebih memilih untuk bersembunyi di balik orang tua. Dengan melakukan pengembangan diri, mental kita akan lebih terasah dan tidak cepat goyah serta putus asa, karena kita telah terbiasa untuk memiliki target capaian dan menganalisis tantangan. Hal ini sangat bermanfaat untuk melatih mental agar lebih siap menghadapi rintangan kedepannya. 

Selain itu, kita akan lebih fokus pada progress yang kita capai, dan tantangan yang akan menjadi sebuah motivasi untuk terus bergerak bukan sebagai alasan kita untuk mundur. Dengan terus berlatih seperti ini, mental kita akan lebih tahan banting dibanding orang-orang yang dalam hidupnya selalu terkungkung dengan zona nyamannya. 

Dikatakan juga, seseorang itu tidak akan berhasil ketika dia hanya berdiam diri pada zona nyamannya. Sehingga, untuk kamu milenial, terus semangat untuk bergerak, menentukan capaian dan menantang penghalang di luar sana. Jangan menyia-nyiakan masa muda kita ini hanya dengan berleha-leha karena motivasi semacam “muda foya-foya, tua kaya raya, mati masuk surga” hanya sebuah ilusi semata.

Baca juga: Bagaimana Cara untuk Memulai Pengembangan Diri? Hal-hal Ini Wajib Kamu Catat!

Jadi, self-development merupakan hal yang sudah seharusnya dilakukan oleh setiap orang, terutama kamu yang sedang dalam proses pencarian jati diri dan tujuan hidup. Tak hanya bermanfaat untuk diri sendiri, self-development juga akan memberi dampak positif pada sekelilingmu. Dengan terus mengembangkan diri, kamu akan dapat lebih mengenal diri sendiri dan merencanakan hidup agar dapat mencapai fase yang lebih baik.


Artikel oleh: Dedhi L. dan Nia M.

Editor: Nur Annisa H.

Jumlah kata: 867

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Rekomendasi Novel Metropop Romance yang Bikin Geregetan

6 Rekomendasi Café dan Resto Outdoor Bernuansa Alam di Jawa Timur

Free Fire Battlegrounds, Mobile Game yang Jadi Primadona di Kalangan Pemuda