Jangan Hanya Menikmati! Kenali Lebih Dekat 3 Genre Musik Indonesia yang Lagi Ngetren Ini

 

Seperti yg diketahui, Indonesia memiliki budaya dengan kesenian yang menarik dan beragam, salah satunya dalam bidang musik. Ada banyak sekali genre musik di Indonesia dan kepopulerannya pasang surut mengikuti arus zaman. Tapi, tahukah kamu kalau ada beberapa genre musik yang belakangan ini sedang naik daun di Indonesia? Berkat style musiknya yang dapat terus dinikmati dari waktu ke waktu, genre musik Pop, Dangdut dan Indie berhasil menggaet banyak pendengar baru.

Grafik Google Trend

Data dari Google Trends dari Juni – September menunjukkan bahwa grafik peminat musik Pop, Dangdut, dan Indie di Indonesia mengalami lonjakan dibandingkan genre lain dalam beberapa bulan terakhir. Tak hanya karya yang diproduksi, genre-genre tersebut memiliki latar belakang yang tak kalah menarik loh! 

So, kalau kamu salah satu penggemar genre-genre tersebut, tak ada salahnya meluangkan waktu sejenak untuk mengenal lebih dekat genre-genre tersebut melalui ulasan berikut.

 

Musik Pop

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi musik Pop ialah musik dengan irama sederhana yang mudah dinikmati sehingga dapat dikenal dan disukai oleh orang banyak, sedangkan pengertian Pop atau kata ‘pop’ sendiri adalah kependekan dari kata populer. Sebagai genre, musik Pop sendiri merupakan aliran musik yang paling familiar di telinga masyarakat karena iramanya yang mudah dinikmati dengan karakteristik alunan yang lembut dan santai.

Sumber gambar: pexels.com/@cottonbro

Di Indonesia sendiri, musik Pop tak pernah surut peminat khususnya dari kalangan milenial; bukan hanya karena musiknya yang easy to listen to, tetapi juga karena banyaknya penyanyi tanah air yang menciptakan lagu Pop dengan lirik bermakna dan tak lekang oleh waktu. 

Berawal dari grup band yang cukup terkenal pada era 70-an, yaitu Koes Plus, yang telah menciptakan puluhan lagu populer, mulai dari versi pop, pop jawa, irama melayu, pop anak-anak, irama keroncong, hard beat, folk song dan lagu-lagu berbahasa Inggris lain. Namanya pun diabadikan sebagai kelompok musik yang paling berpengaruh di Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan pembawaan lagu mereka dikenal sungguh sederhana dalam syair, musik, maupun melodi. 

Kemudian muncul lah generasi baru musik Pop seperti Sheila On 7, Gigi, Peterpan, The Changcuters dan Padi dengan tampilan yang berbeda, namun mengandung unsur populer dengan image musik masing-masing. Begitu pun selanjutnya, musik Pop akan terus berkembang mengikuti tren.

 
Grup Musik Legendaris Koes Plus. Sumber gambar: voinews.id


Musik Dangdut

Selain musik Pop, kamu pasti juga sudah tak asing dengan genre yang satu ini. Musik dangdut merupakan musik yang terinspirasi dari musik Melayu yang khas dengan instrumen seperti gendang dan seruling. Karya dari artis dangdut papan atas seperti Rhoma, Elly Khadam, dan Mansyur S. banyak menghiasi panggung musik dangdut di Indonesia dan diputar dalam berbagai acara hiburan di kalangan masyarakat berkat alunan musiknya yang menghibur dan asik untuk diperdendangkan.

Penyanyi Dangdut Rhoma Irama. Sumber Gambar: tirto.id

Kepopuleran musik dangdut dapat dilihat dari meningkatnya jumlah penayangan kompetisi ajang menyanyi dangdut, mulai dari kompetisi yang berskala nasional seperti Liga Dangdut Indonesia dan Star Academy hingga kompetisi yang berskala internasional seperti D'Academy Asia. Ini merupakan salah satu bukti bahwa popularitas dangdut mulai merambah ke luar negeri.

Walaupun dulu musik dangdut lebih sering diasosiasikan dengan selera kalangan sesepuh, pandangan tersebut saat ini bergeser berkat kehadiran subgenre dangdut yang cukup populer khususnya di daerah Jawa Timur, yakni Dangdut Koplo. 

Popularitas subgenre ini dapat dilihat dari semakin banyaknya meme atau plesetan dari lirik lagu-lagu Dangdut Koplo di internet yang dibuat oleh kalangan pemuda. Beberapa artis koplo yang sedang naik daun di Indonesia saat ini antara lain Nella Kharisma, Via Vallen dan Denny Caknan dengan lagu-lagunya yang cukup viral.

Plesetan lagu dangdut Bojo Galak. Sumber gambar: memecomic.id

Musik Indie

Bagi kamu yang suka sama kopi dan sering nongkrong di cafe-cafe pasti tidak asing dengan aliran musik satu ini. Kata ‘indie’ mengambil kependekan dari kata independent dengan arti mandiri, merdeka, dan bebas. Dengan kata lain, para musisi Indie menciptakan lagu-lagu mereka berdasarkan kebebasan yang mereka miliki. 

Itulah sebabnya kebanyakan musik Indie memiliki ciri khas tersendiri yang menjadi pembeda dengan lagu-lagu lain pada umumnya. Musisi-musisi Indie pun kebanyakan tidak bernaung dalam suatu label dan melakukan produksi serta pemasaran karya mereka sendiri melalui sharing antar-teman atau via media sosial.

Grup musik Radiohead. Sumber gambar: bicaramusik.id

Sebelum viral di Indonesia dengan asosiasi ‘senja’nya, musik Indie sendiri sudah pernah populer pada tahun 1980an oleh The Smith dan Joy Division, dan pada tahun 1990an oleh Nirvana dan Radiohead yang kemudian mulai merebak ke seluruh dunia. Namun di Indonesia sendiri, pengaruh musik Indie masih belum terasa hingga kemunculan band Indie pertama bernama Pure Saturday asal Bandung yang melakukan rekaman mandiri di tahun 1995, dan kemudian disusul oleh band Mocca pada tahun 1997. 

Sejak saat itu, pengaruh musik Indie sedikit demi sedikit mulai menyebar di Indonesia. Berkat semangat musik independen yang cukup tinggi, genre tersebut mulai populer di beberapa kota besar seperti Bandung, Jakarta, Malang, Surabaya, dan Yogyakarta.

Grup musik Indie Indonesia Pure Saturday. Sumber gambar: Official Pure Saturday

Nah dari ketiga genre musik yang popular ini, genre musik mana yang paling pas dengan selera kamu? Tentunya mulai dari musik pop, dangdut, ataupun indie semua jenis musik tetap bagus untuk didengarkan. Apapun selera  musiknya jangan lupa untuk terus mendukung musik Indonesia agar terus bersaing dan tidak kehilangan eksistensinya.


 

Artikel oleh: Jamilah N.M

Editor: Nur Annisa H.

Jumlah kata: 804

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Rekomendasi Novel Metropop Romance yang Bikin Geregetan

6 Rekomendasi Café dan Resto Outdoor Bernuansa Alam di Jawa Timur

Free Fire Battlegrounds, Mobile Game yang Jadi Primadona di Kalangan Pemuda