Dukung Desainer Muda untuk Terus Berkarya di Kala Pandemi, Indonesia Fashion Week 2020 Akan Digelar Secara Virtual

Halo Sobat Milenial! Bagaimana kabar kamu selama menjalani masa new normal sampai saat ini? Apakah kamu sudah mulai bosan dengan segala pekerjaan yang lebih banyak menghabiskan waktu dirumah saja? Mungkin kamu butuh hiburan lain? Nah, kebetulan nih bagi kamu yang sedang menunggu update tentang dunia fashion, ada kabar terbaru dari industri fashion tanah air.

ID.FW atau Indonesia Fashion Week merupakan ajang fashion terbesar di Indonesia. Tujuannya tentu saja untuk mendukung industri fashion lokal dan sebagai sarana untuk mendukung fashion designers dari penjuru Nusantara. Kabar baiknya adalah Indonesia Fahsion Week 2020 akan diadakan pada tanggal 14-19 November 2020. Uniknya, panggung fashion week tahun ini akan diadakan secara virtual.

Dilansir dari ID.FW News, Poppy Dharsono sebagai Presiden Indonesia Fashion Week mengatakan bahwa ajang fashion yang dilakukan tahun ini tidak hanya sebatas eksistensi saja, tetapi juga sebagai bentuk kepedulian terhadap industri fashion yang sedang mengalami keterpurukan akibat munculnya pandemi Covid-19. 

Sumber gambar: Instagram @indonesiafashionweekofficial

Saat ini, masa pandemi Covid-19 masih belum juga bisa diprediksi kapan akan berakhir. Jadi, segala usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) tidak bisa menyerah dengan keadaan yang ada dan harus tetap bertahan dan bejuang. Dengan diadakannya panggung virtual Indonesia Fashion Week 2020 ini diharapkan akan tetap menjaga semangat berkreasi para desainer fashion dalam menghadapi era new normal.

“Suka atau tidak, kita pasti harus ke arah situ, mungkin dua tahun lagi baru akan kembali normal, tapi dalam masa menunggu dua tahun itu UMKM enggak boleh mati, dan kita akan memberikan bimbingan kepada mereka agar bisa beradaptasi di era new normal ini,” jelas Poppy Dharsono.

Dalam pelaksanaan panggung virtual Indonesia Fashion Week 2020 yang akan diadakan bulan November nanti, Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) juga ikut berpartisipasi sebagai bentuk peduli pada generasi penerus untuk menampilkan bakat-bakat muda di bidang fashion.  

Indonesia Young Fashion Designer Competition (IYFDC) pun akan masuk kedalam rangkaian Indonesia Fashion Week dengan harapan dapat melahirkan para desainer muda yang akan berpengaruh besar dalam industri fashion Indonesia.

“Kita juga merangkul young designers pemenang kompetisi yang diadakan setiap tahunnya, dan mereka menjadi anggota APPMI muda nanti di IDFW virtual ini. Mereka sangat kreatif, sangat revolusioner, karya mereka pasti berbeda dengan kita dan itu akan memperkaya khasanah fashion di Indonesia,” ungkap Poppy.

Sumber gambar: Instagram @indonesiafashionweekofficial

Ada sedikit bocoran nih yang diberikan langsung oleh Poppy Dharsono mengenai standardisasi sizing. Jadi, standarisasi sizing ini merupakkan ide yang berhasil muncul karena melihat era pada saat ini, dimana transaksi online menjadi pilihan utama banyak masyarakat, jadi ide ini akan diresmikan pada gelaran panggung virtual Indonesia Fahion Week 2020.

“Akan launching standardisasi sizing. Dengan adanya transisi dari offline ke online, dimana orang kesulitan untuk fitting, ini penting untuk adanya standarisasi sizing agar meminimalisir kekeliruan ukuran baju saat melakukan transaksi online. Ini sangatlah penting, dengan launching standarisasi sizing ini nanti APPMI yang jualan baju dari daerah manapun dengan size-nya,” jelasnya.

 

Nah, kamu pasti bertanya-tanya sudah sejauh mana persiapan menuju panggung virtual Indonesia Fahion Week 2020 November mendatang? 

Jadi, mereka sudah menjalani serangkaian rapat mengenai koordinasi, persiapan acara sudah masuk kedalam tahap tapping yang pelaksanaanya berlangsung di Jakarta Fashion Hub sebagai official venue partner pada hari Senin (19/10) hingga Jumat (23/10) yang dihadiri oleh Poppy Dharsono secara langsung. 

Tapi, sebelum melaksanakan tapping, seluruh peserta dan panitia di dalamnya harus mengikuti serangkaian tes kesehatan wajib nih, seperti pengecekan suhu tubuh, bahkan melakukan tes swab yang bekerja sama denga Halodoc. Jadi tidak perlu diragukan lagi, kondisi dari anggota Indonesia Fashion Week semuanya negatif Covid-19.

Pada hari pertama tapping, para desainer ternama datang langsung ke lokasi untuk memamerkan masing-masing koleksinya, diantaranya adalah Catherine Ambasari, Agnes Budisurya, Naniek Rachmat, Yuni Pohan, dan Ida Royani.

Sumber foto: indonesiafashionweek.id

Sesi selanjutnya, tapping untuk busana dari Eddy Fa selaku BPD APPMI Jambi, Melia dari BPD APPMI Jatim, Zul Said dari BPD APPMI Sumut, Melookmel dari BPD APPMI DKI, dan Zet Collection dari BPD APPMI Lampung.

Sumber foto: indonesiafashionweek.id

Mungkin sobat Milenial ingin tahu, apa aja sih yang akan ditampilkan di panggung virtual Indonesia Fashion Week 2020 nanti? Berdasarkan informasi dari web resminya, sudah ada beberapa karya yang akan ditampilkan nanti.


‘Bali Taksu’ oleh Charlotte Chen

Benar sekali, koleksi yang dikeluarkan oleh Charlotte kali ini memiliki tema Bali. ‘Bali Taksu’ merupakan koleksi tas terbaru yang berbentuk pulau Bali dengan material kombinasi dari bahan plastik, kain tenun ikat endek Bali, dan kulit kambing. 

Pemilihan nama ‘Taksu’ pun tidak sembarang, karena taksu memiliki makna positif yang berarti kekuatan, kekuasaan, kharisma,dan kesuksesan. Charlotte Chen berharap seseorang yang menggunakan tas buatannya akan mendapatkan keempat unsur tersebut.

“Tas ‘Bali Taksu’ ini merupakan koleksi terbaru saya yang saya buat sebagai apresiasi saya pada Tuhan dan semua orang yang sudah mensupport saya sampai saat ini di Pulau Bali,” ungkapnya.

Sumber foto: indonesiafashionweek.id

 

‘Batik Siger’ oleh Laila Alkhusna

Dari karya yang akan ditampilan pada Indonesia Fashion Week November mendatang, Laila Alkhusa akan memperkenalkan identitas Lampung melalui batik Siger. Laila Alkhusa sendiri adalah pemilik brand batik Siger, ia akan memperkenalkan lima model pakaian ready to wear batik tulis Lampung berbahan belacu dengan warna soga klasik. Tema yang digunakan adalah ‘JAYASARI’ yang berarti kemenangan yang cemerlang.

“Motif tapis, sembagi, cilugam yang tertoreh di atas kain belacu dengan warna soga klasik kali ini adalah menggambarkan, betapa Lampung adalah salah satu daerah yang menjunjung tinggi budaya dan seni, warisan leluhur yang harus dipertahankan agar tetap abadi,” tegas Una.

Sumber foto: indonesiafashionweek.id

Nah, itu tadi sedikit gambaran buat kamu para fashion enthusiast yang ingin tahu mengenai persiapan panggung virtual Indonesia Fashion Week 2020. Informasi mengenai detail acara dan reservasi tempat dapat kamu cek disini. Semoga bisa menginspirasi kamu ya!



Artikel oleh: Finda Ayu N.

Editor: Ayu T.

Jumlah kata: 891

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Rekomendasi Novel Metropop Romance yang Bikin Geregetan

6 Rekomendasi Café dan Resto Outdoor Bernuansa Alam di Jawa Timur

Free Fire Battlegrounds, Mobile Game yang Jadi Primadona di Kalangan Pemuda