Begini Caranya Tetap Stylish dengan Masker selama New Normal

Di awal Maret 2020, COVID-19 resmi dinyatakan mewabah di Indonesia. Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pun mulai diterapkan oleh pemerintah. Hingga saat ini, COVID-19 memang dinyatakan masih menjadi wabah yang sulit untuk diatasi. Maka dari itu, new normal mulai direalisasikan oleh pemerintah, dimana masyarakat dihimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan selama berkegiatan di luar rumah. Salah satu syarat yang harus dipatuhi adalah menggunakan masker.

Memang tak dapat dipungkiri, terlepas dari urgensinya, masker seringkali merusak penampilan. Outfit yang awalnya sudah kece badai dan stylish jadi terlihat aneh karena masker. Kamu pernah merasa kayak gitu gak, sobat milenial? kalau iya, then you're doing it wrong! Kemungkinan besar kamu salah pilih model masker, padahal model yang tepat bisa banget loh mendukung penampilan kamu. 

As we know, pandemi ini mendorong banyak sekali industri untuk berinovasi lebih kreatif dalam memasarkan produk, begitupun dengan produsen masker tanah air. Kalau dulu model masker hanya itu-itu saja, sekarang Fashion mask yang estetik dan aman sudah banyak beredar di pasaran dengan harga yang cukup bersaing. Dirangkum dari beberapa sumber, inilah beberapa masker yang dapat membantu kamu tetap tampil stylish di masa pandemi.

 

Masker Polos

Sumber gambar: pinterest.com

Tak disangka kalau model masker klasik yang satu ini ternyata bisa loh bikin outfit kamu terlihat stylish kalau kamu tau cara mengombinasikan dengan benar. Untuk para cowok, kamu bisa menggunakan jenis pakaian dengan layering, ditambahkan outer primer cerah, dan tidak lupa sneakers sebagai pelengkap penampilan. Nah, sedangkan para cewek bisa menggunakan tatanan rambut yang tergerai atau diikat. Pastikan gunakan riasan mata yang sedikit lebih menonjol ya agar penampilan wajah dapat terlihat lebih segar dan menarik.


Masker Kain Etnik

Sumber gambar: pinterest.com

Masker sejenis ini cukup mudah ditemukan karena penjualannya sudah beredar dimanapun. Masker ini biasanya lebih nyaman digunakan karena menggunakan bahan tenun atau lurik. Untuk jenis pakaian, kamu bisa menambahkan outer dengan bahan chiffon agar terasa lebih ringan. Tidak perlu menyamakan dengan masker yang digunakan, cukup pastikan warnanya senada dengan maskernya ya.

 

Masker Bergambar

Sumber gambar: pinterest.com

Masker bergambar terbilang cukup variatif hingga jarang terlihat membosankan dan malah membuat penampilan secara keseluruhan terlihat tidak kaku. Ada yang bergambar animasi atau kartun, bergambar semi-realis, dan ada juga yang gambarnya sangat realistis. Dalam hal ini, tidak perlu menyamakan warna pakaian dengan masker yang digunakan. Kamu bisa gunakan pakaian dengan warna-warna yang cerah agar terlihat lebih hidup. Sesuaikan saja dengan tema masker bergambarmu!

 

Masker Bordir Tekstur

Sumber gambar: pinterest.com

Mungkin tak semua orang menyukai masker bertekstur dan memilih untuk menggunakan masker polos agar tidak terlalu mencolok. Padahal, masker ini akan menjadi opsi yang sangat cocok digunakan untuk acara formal seperti kondangan atau pesta kantor. Misalnya masker dengan desain payet bisa kamu padukan dengan pakaian yang berbahan sama atau memiliki ornamen serupa dengan masker yang digunakan, lalu bisa kamu tambahkan juga aksesoris untuk membuat outfit lebih elegan.

 

Masker Bercorak Ramai

Sumber gambar: pinterest.com

Biasanya motif masker dengan corak yang ramai dan penuh membuat kita sulit untuk menentukan pakaian yang cocok. Nah, cara untuk "menyeimbangkan" corak tersebut agar tidak membuat penampilanmu terkesan "berat" adalah dengan menggunakan warna yang paling dominan pada masker kamu sebagai warna utama bajumu, lalu kombinasikan dengan bawahan berwarna netral seperti hitam, navy, coklat, atau putih. Alternatif lainnya adalah dengan memakai setelan monochrome, misal all-black dengan motif minimalis.

Baca juga: Capsule Wardrobe, Solusi untuk Kamu yang Sering Boros Belanja Pakaian

 

Tips Mengenakan Masker Sesuai Kebutuhan

Tahu gak sih kalo sebenarnya ada beberapa cara menggunakan masker yang dapat memberi ilusi wajah yang lebih tirus? Selain itu, bagaimana cara mengombinasikan pemakaian kacamata dan masker? Berikut beberapa tips penggunaan masker supaya penampilan kamu tetap stylish.

  • Jangan gunakan masker yang senada dengan warna kulit kamu, karena warna yang seperti itu akan membuat wajahmu seperti ‘terpotong’
  • Jika ingin bentuk wajah terlihat lebih panjang, kamu bisa menggunakan masker dengan garis vertical.
  • Gunakan masker dengan ukuran yang pas dengan wajah. Ukuran yang terlalu kecil dapat membuat wajah semakin lebar.
  • Saat mengunakan masker dengan kacamata, wajah akan terkesan lebih penuh dan terlihat banyak garis melintang. Agar terlihat lebih baik saat menggunakan masker dan kacamata bersamaan, coba kurangi kontras antara garis masker pada bagian atas dengan bagian bawah. Alternatif lain adalah kamu bisa pakai kacamata half frame atau bisa gunakan kacamata dengan frame transparan.

 

Lalu, bagaimana dengan kombinasi masker dan hijab? 

Nah, seperti yang kita tahu kalau mayoritas masyarakat Indonesia adalah muslim. Walau tidak semuanya, kebanyakan wanita-nya pun menggunakan hijab di keseharian mereka, jadi ini merupakan masalah yang cukup urgent. Berikut ada beberapa tips untuk kamu wanita berhijab saat menggunakan masker agar penampilan tetap kece badai!

  • Jika ingin menggunakan masker polos, bisa padukan dengan hijab bermotif agar tampak lebih menarikbentuk wajah terlihat lebih panjang, kamu bisa menggunakan masker dengan garis vertical.
  • Gunakan masker dengan warna yang senada dengan hijab
  • Kamu bisa mencoba menggunakan inner hijab. Jika stok masker kamu habis atau bosan dengan masker yang begitu-begitu saja, kamu bisa mencoba cara ini. Setelah menggunakan inner, gunakan inner lainnya untuk ditempatkan diwajah. Pilih warna inner yang sesuai dengan warna hijab. Setelah itu, gunakan hijab sesuai kenyamanan yang sekiranya tidak terasa sesak.
  • Masker sekaligus hijab. Cara ini memang terlihat simple dan memang kurang dianjurkan, tapi tidak ada salahnya jika dicoba sebagai model saat mengambil gambar dengan kamera ponsel.
  • Menggunakan scarf kecil. Kamu bisa mencoba scarf dengan warna penuh agar terlihat on point.  Cara penggunaanya juga cukup mudah, ikatkan saja scarf pada area wajah dan lanjutkan menggunakan hijab. Jika berhasil menemukan warna cerah yang cocok, sesuaikan warna dengan baju dan hijab yang kamu kenakan agar terlihat lebih menarik.

Nah, gimana tips-tips di atas? cukup mudah untuk dipraktikkan kok! Jadi, make sure next time kamu keluar rumah dengan masker, penampilan kamu tetap terlihat cetar paripurna ya sobat milenial!

 

 

Artikel oleh: Finda N.

Editor: Shinta W.

Jumlah kata: 839

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Rekomendasi Novel Metropop Romance yang Bikin Geregetan

6 Rekomendasi Café dan Resto Outdoor Bernuansa Alam di Jawa Timur

Free Fire Battlegrounds, Mobile Game yang Jadi Primadona di Kalangan Pemuda