Among Us, Game Viral yang Bikin Pertemananmu Makin Menantang!

Jika minggu lalu kita sudah membahas gimana serunya Garena Free Fire yang sedang naik daun, kali ini kita juga akan membahas game yang sedang viral dan berpotensi membuat kalian ‘dibenci’ oleh teman satu tongkrongan kalian. Betul, apalagi kalo bukan Among Us? Game produksi InnerSloth ini belakangan sedang berada dalam masa jayanya. Sudah berminggu-minggu game ini berada di puncak top-chart most downloaded game di PlayStore dan AppStore; mengalahkan Mobile Legends: Bang Bang dan juga FreeFire: Battleground yang minggu lalu kita bahas. 

 
Grafik peningkatan jumlah pemain Among Us. Sumber gambar: sensortower.com
 
Meskipun game ini pertama kali dirilis pada tahun 2018, peningkatan jumlah pemainnya baru melonjak drastis dalam sebulan terakhir. Dikutip dari Sensortower, dari yang awalnya pada bulan Januari 2020 hanya mencapai total 1 juta pemain, jumlahnya melonjak drastis pada awal September 2020 dengan mencapai total 41.9 juta pemain, dan masih terus bertambah hingga saat ini.

Seperti judulnya, game ini sebenarnya bergenre simulator game, di mana para pemain akan dibawa pada suatu situasi yang menempatkan dua role/peran berbeda di tempat yang sama dengan misi yang berbeda. Salah satu role ditugaskan untuk membunuh yang lain dan mengacaukan jalannya pesawat luar angkasa tersebut, sedangkan yang lain bertugas menemukan si pembunuh. Kurang paham? Yaudah kita jelasin lebih rinci deh!
 

Role: Impostor 

Sumber gambar: filmdaily.co

Sederhananya, Impostor adalah sebutan bagi peran pembunuh dan pengacau yang menyamar dengan berpakaian seperti para pemain lain. Keep in mind, jumlah Impostor bisa beragam ya (1-3 orang), dan hal ini bisa kamu atur ketika kalian membuat room. Tugas utamanya memang berkeliling, mengacau dan membunuh. Namun, yang membuat game ini kemudian menarik adalah bagaimana cara Impostor melakukan tugasnya ini agar tidak ketahuan oleh pemain lain. Mulai dari strategi menyamar seperti menggunakan ventilasi dan sabotase, hingga eksekusi pembunuhan. Dan yang paling harus dilakukan adalah mengelabui pemain lainnya. Untuk menang, kamu harus memiliki argumen yang kuat dan meyakinkan kalau kamu bukan Impostornya. Jika alibimu berhasil membuat pemain lain saling menuduh satu sama lain, selamat! Kamu adalah Impostor yang sukses. Hehehe..


Role: Crewmate

Sumber gambar: wall.alphacoders.com

Kalau kamu dapat peran ini, sabar-sabar aja deh! Siapkan hati dan pikiran untuk menerka siapa Impostor yang sebenarnya. Selain itu, tugas yang perlu dilakukan para Crewmate adalah menjalankan pekerjaan sebagai awak pesawat luar angkasa tersebut. Dengan menyelesaikan tugas-tugas tersebut nantinya akan membuat indikator pengisian tugas (di pojok kiri atas) terisi. Tugas utama para Crewmate dibagi menjadi 3 golongan: 

a) Short Task: Tugas yang diberikan pada golongan ini termasuk sangat ringan. Terkadang pemain hanya membutuhkan waktu kurang dari 3 detik untuk menyelesaikannya. Tugas-tugasnya hanyalah seputar menekan tombol dan merubah arah tuas. Tugas akan bervariasi tergantung peta yang dipilih ya.

b) Long Task: Pada bagian ini, tugas-tugas yang perlu dilakukan para Crewmate membutuhkan waktu yang relatif lebih panjang untuk diselesaikan daripada jenis tugas lainnya. Pada peta The Skeld, tugas ini berupa menembak asteroid, mengisi bahan bakar, dan juga menghidupkan reaktor. Namun demikian, tugas pada golongan ini akan menyumbang persentase indikator pengisian tugas yang besar.

c) Visual Task: ini adalah tugas yang berpotensi besar dan memegang peranan penting dalam menjadi Crewmate, yakni menemukan siapa Impostor nya dan melakukan pembelaan diri mereka ketika dituduh oleh Crewmate lainnya. So, tugas ini vital banget, lho! Namun demikian, tugas di golongan ini tidak selalu ada dan menyesuaikan pengaturan game di awal pertandingan. Jenis-jenis visual task antara lain adalah membuang sampah dan memindai tubuh di Medbay.

 

Gameplay

Gameplay dimainkan dengan maksimal 10 orang, para pemain akan ditempatkan dalam satu waiting room sebelum nantinya mereka semua akan dipindahkan ke playing room. Di waiting room ini, selain host melakukan pengaturan game, kalian juga bisa melakukan custom pada karakter sesuka hati kalian melalui ikon laptop yang tersedia. Karena game Among Us ini gratis, mereka menyediakan in-game purchases bagi kalian yang berniat untuk membeli item karakter yang lebih menarik untuk mempercantik karakter.

Pemain berkumpul di Waiting Room. Sumber gambar: en.as.com

Lanjut! Jadi, sebelum kamu ditransfer ke playing room, kamu akan diberitahu peran apa yang harus kamu mainkan. Di ruangan utama, kamu akan menemukan tombol besar yang disebut tombol emergency meeting. Kegunaan tombol ini, seperti namanya, untuk mengadakan emergency meeting dengan pemain. Tombol ini biasa digunakan jika ada salah satu kru yang menemukan kejanggalan atau secara tidak sengaja melihat Impostor sedang beraksi membunuh rekannya. Setelah tombol ini ditekan, para kru bisa berdiskusi dan melakukan voting untuk mengeluarkan salah satu kru yang paling dicurigai.

Impostor membunuh salah satu Crewmate. Sumber gambar: screenrant.com

Selain dari tombol emergency meeting, Crewmate bisa mengajak para pemain berdiskusi ketika mereka menemukan mayat dan menekan tombol report yang muncul di layar mereka. Tak jarang juga, para Crewmate malah mencurigai si pelapor yang menekan tombol report dan berasumsi kalau dia lah Impostornya, karena tombol ini juga muncul di layar si Impostor. Semakin menarik bukan?

Game akan berakhir jika:

  • Para Crewmate berhasil melakukan voting untuk menendang seluruh Impostor yang ada di pesawat (CREWMATE MENANG)
  • Para Crewmate berhasil menyelesaikan semua tasks yang ada sebelum dihabisi Impostor (CREWMATE MENANG)
  • Para Crewmate tidak bisa mengatasi sabotase yang dilakukan oleh Impostor (IMPOSTOR MENANG)
  • Para Impostor berhasil menghabisi seluruh Crewmate sehingga tersisa perbandingan 1:1 antara Crewmate dan Impostor (IMPOSTOR MENANG)

Jadi, game Among Us cukup digandrungi karena gameplay-nya yang cukup menarik dan menantang.  Meskipun game ini bisa ‘merusak’ pertemanan kalian, game ini juga mendorong kalian supaya berpikir kreatif dan strategis dalam mengalahkan lawan. Gimana, tertarik main Among Us? yuk komen username biar bisa mabar hehehe

 

 

Artikel oleh: Yosua R.

Editor: Nur Annisa H.

Jumlah kata:  846

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Rekomendasi Novel Metropop Romance yang Bikin Geregetan

6 Rekomendasi Café dan Resto Outdoor Bernuansa Alam di Jawa Timur

Free Fire Battlegrounds, Mobile Game yang Jadi Primadona di Kalangan Pemuda