6 Tips untuk Menjaga Kelembapan Kulitmu Saat Cuaca Dingin

Hai Sobat Milenial! Di artikel kali ini, tim Pojok Milenial akan berbagi tips kepada kamu seputar beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kelembapan kulit cantikmu meskipun cuaca sedang dingin. Saat ini beberapa wilayah di Indonesia tengah memasuki musim penghujan dan cuaca dingin pun mulai menyelimuti hari-hari kita. Nah, pasti kamu mengalami kulit yang terasa kering dan bahkan sampai bersisik bukan? Untuk mencegah dan mengatasi penurunan kelembapan kulitmu, yuk simak dan ikuti tips-tips yang akan kami bagikan spesial buat kamu!


1. Gunakan Sabun yang Mengandung Pelembab

Sumber gambar: www.popbela.com

Tips yang pertama yaitu penggunaan sabun mandi. Untuk mencegah penurunan kelembapan kulit, disarankan agar kamu menggunakan sabun mandi yang mengandung pelembap. Bisa saja sabun yang selama ini kamu gunakan sebenarnya banyak menghilangkan minyak alami tubuh, jadi sebaiknya kamu lebih memperhatikan penggunaan produk sabun yang digunakan. Selain itu, cuaca dingin membuat kita tergoda untuk selalu mandi dengan air panas. 

Padahal, faktanya air panas akan dengan sangat cepat menghilangkan minyak dari tubuh. Kalau memang tidak tahan mandi menggunakan air dingin, solusinya coba mandi dengan air hangat. Ingat, hangat ya! Untuk mengecek apakah air mandi kamu terlalu panas atau tidak, lihat kulit kamu. Bila kulit kamu kemerahan setelah mandi, itu tanda airnya terlalu panas. Jangan mandi terlalu lama dan sering. Kamu perlu menurunkan suhu serendah mungkin agar kesehatan kulit tetap terjaga.

 

2. Rajin Scrub Kulit Tubuh

Sumber gambar: www.prevention.com

Yang kedua yaitu perlunya untuk scrub kulit tubuh selama cuaca sedang dingin. Eksfoliasi sangat penting untuk membersihkan kulit mati yang menempel di tubuh kamu. Kulit mati yang menumpuk dapat mengakibatkan kulit menjadi kering bahkan bersisik. Oleh karena itu rajinlah scrub kulit tubuh kamu agar tetap bersih dan lembap. 

Kamu bisa menggunakan body scrub yang sudah ada dipasaran dengan berbagai macam merek. Namun, jika kamu ingin terhindar dari scrub yang mengandung bahan kimia atau pengawet, membuat body scrub sendiri secara alami pun juga tidak masalah. Body scrub alami yang cocok mengatasi kulit kering bisa kalian buat dari bahan kopi, gula, madu dan minyak kelapa.


3. Gunakan Lotion Setelah Mandi

Sumber gambar: www.cosmopolitan.co.id

Tips berikutnya yaitu penggunaan lotion setelah mandiKarena kulit kering di musim hujan disebabkan kelembapan yang menurunkamu harus mempertahankan kelembapan dengan mengaplikasikan lotion pada kulit di seluruh tubuh. Hal ini harus dilakukan secara teratur dan konsisten, ya, agar hasil maksimal! Waktu yang paling baik untuk menggunakan lotion adalah setelah selesai mandi. Oleskan saat kulit masih setengah basah. Tips ini akan membuat kulit kamu lembap lebih lama. 

Selain itu, kamu harus memperhatikan kandungan yang digunakan dalam lotion. Hindarilah lotion yang mengandung minyak mineral dan produk minyak bumi lainnya dan pastikan lotion yang digunakan cocok untuk kebutuhan kamu.

Baca juga: Atasi Breakout dengan Diet, Begini Perjuangan Kak Satria Sampai Bisa Sembuh dari Breakout

 

4. Gunakan Sunscreen dengan SPF Rendah

Sumber gambar: aesthetic.co.id

Eits, jangan lupa sama penggunaan tabir surya atau sunscreen, ya! Produk ini merupakan produk yang sangat penting digunakan setiap hari. Sun Protection Factor (SPF) di dalamnya akan melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari. SPF diformulasikan untuk memberitahu kamu sebagus apa suatu produk dapat melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari, dan tidak hanya itu, SPF juga merupakan penentu seberapa lama kamu dapat berhadapan dengan sinar matahari tanpa mengalami sunburn

Mungkin sebagian dari kamu berpikir bahwa saat musim dingin tidak membutuhkan tabir surya karena cuaca sedang tidak terik. Padahal hal tersebut faktanya salah. Saat musim dingin, kamu tetap membutuhkan tabir surya untuk melindungi kulit, hanya saja kamu dapat memakai sunscreen dengan SPF yang lebih rendah, yaitu sekitar 15 hingga 20 saja. Sunscreen juga berguna untuk melembapkan kulit, lho.

 

5. Perbanyak Minum Air Putih

Sumber gambar: weheartit.com

Tips yang satu ini wajib pake banget nih, yaitu perbanyaklah asupan air putih untuk tubuh kamu. Minum air putih secara rutin akan bermanfaat positif bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaatnya adalah agar tidak dehidrasi. Rasa haus pasti sering kita rasakan ketika berada di cuaca panas. Sebaliknya, kita jarang haus di cuaca dingin, akhirnya jadi jarang minum. Meskipun tidak haus, diusahakan untuk tetap minum air putih secukupnya agar tetap terhidrasi. 

Selain untuk kelancaran pencernaan, air putih juga bagus untuk menjaga kulit dari dalam secara optimal dan memberikan nutrisi penting untuk sel-sel kulit. Minum air putih juga berguna untuk melengkapi kebutuhan jaringan kulit dan meningkatkan elastisitas kulit. Hal tersebut membantu penundaan munculnya tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis-garis halus. Dengan minum air secara rutin, kulit akan menjadi lebih kuat karena aliran darah di dalam permukaan kulit berjalan lancar dan membuatnya terbebas dari sumbatan yang bisa menghadang pori-pori kulit.

 

6. Gunakan Lotion Sebelum Tidur

Dan yang terakhir yaitu gunakan lotion pelembab setiap sebelum tidur  Menggunakan pelembap tak hanya pada siang hari ketika akan beraktivitas. Saat malam hari pun, ketika tidur, kulit masih membutuhkan kelembapan yang cukupDisarankan untuk mengaplikasikan lotion dengan cukup tebal karena akan membantu untuk tetap melembapkan kulit yang terpapar AC dan tertutupi pakaian. Jika sebelum tidur kamu biasa cuci muka dan kaki, maka gunakanlah kembali lotionnya. Selain menggantikan kelembaban kulit yang berkurang, body lotion yang dipakai pada malam hari juga bermanfaat untuk mencegah penuaan. Selain itu, body lotion juga dapat melembutkan kulit kasar di area sekitar lutut, siku dan tumit kaki.

Ingat, selalu jaga kesehatan dan kecantikan kulitmu karena tubuh adalah aset berharga yang wajib kita rawat. Yap, itulah 6 tips untuk mencegah dan mengatasi penurunan kelembapan kulit selama cuaca sedang dingin. Semoga tips-tips diatas bermanfaat bagi kamu Sobat milenial! See you on the next article!



Artikel oleh: Lintang P.

Editor: Ayu T.

Jumlah kata: 856

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Rekomendasi Novel Metropop Romance yang Bikin Geregetan

6 Rekomendasi Café dan Resto Outdoor Bernuansa Alam di Jawa Timur

Free Fire Battlegrounds, Mobile Game yang Jadi Primadona di Kalangan Pemuda