7 Tips Biar Jadi Pemain Handal di Rainbow Six: Siege

Game yang menantang sudah menjadi hal yang dinanti-nanti para gamer, khususnya gamer milenial yang sudah bosan dengan game-game mudah dan monoton. Ada sebuah game yang sebenarnya sudah cukup tua, yang mana pemainnya hampir semuanya tergolong orang milenial. Tidak ada anak-anak yang berani bermain game ini, dan mereka yang sudah berumur pun kesulitan dalam mengimbangi pace permainan ini, yang mana menyisakan kalangan muda milenial yang paling aktif untuk bermain game ini.

Berjudul Rainbow Six: Siege, game ini adalah game FPS (First-Person Shooter) yang dirilis pada akhir tahun 2015 oleh perusahaan Ubisoft Montreal, dan memiliki 60 Juta total akun yang terdaftar pada quarta ketiga tahun 2020 menurut Ubisoft FY2020. Rainbow Six: Siege sendiri memiliki pemain aktif sekitar 80.000 orang per hari hanya dari platform Steam. Hasil analisa Newzoo juga menyatakan bahwa Rainbow Six: Siege sangat populer di 42 negara yang menjadi subjek analisisnya, termasuk Indonesia.
 
Sumber gambar: https://www.ubisoft.com/en-gb/game/rainbow-six/siege

Disamping popularitas dan banyaknya pemain, Rainbow Six: Siege yang disingkat R6:S, menjadi game yang diminati kalangan milenial sebenarnya dikarenakan satu hal: yaitu kekejaman permainannya. Game yang realistis nan kejam ini memberikan pemain baru 11 level latihan yang memperkenalkan fitur dasar game. 

Akan tetapi, latihan itu mungkin hanya relevan jika sobat Milenial bermain game ini pada waktu awal rilisnya game ini. Saat ini, level latihannya sudah diubah dan menjadi sangat sulit untuk dijadikan contoh gambaran tentang apa yang akan dihadapi oleh pemain baru.

Sumber gambar: dokumentasi pribadi

Langsung saja, kamu pasti akan mengalami banyak sekali kematian, bahkan sebelum memikirkan cara untuk membunuh musuh. Para player harus berpikir bagaimana cara bertahan hidup terlebih dahulu, yang pastinya sangat sulit untuk dilakukan. Hal itu disebabkan oleh fitur petanya sendiri hanya ditampilkan dalam preparasi yang sangat sebentar, dan tidak ada fitur peta dalam permainan.

Sumber gambar: dokumentasi pribadi

Gameplaynya sendiri tidak seperti game-game FPS pada umumnya yang berlangsung lama. Satu permainan berdurasi maksimal hanya lima menit, karena R6:S ini mengangkat tema simulasi menumpas teroris dalam waktu yang cepat, dan juga sangat realistis. Contohnya bisa kamu cek video ini. Setelah Sobat Milenial mencoba atau melihatnya sendiri, bagaimana? Menyeramkan bukan? Oleh karena itu, inilah cara untuk bertahan hidup didalam game ini. Simak baik-baik, ya!


1. Gunakan indera pendengaranmu dengan baik

Sumber gambar: dokumentasi pribadi

Pertama, seperti bermain game FPS lainnya, gunakan telingamu baik-baik. Dalam game FPS, pendengaran adalah salah satu hal yang paling vital; akan tetapi, R6:S membawa pentingnya pendengaran menuju level yang lebih tinggi. Model peta R6:S dibuat seperti bangunan yang ada di dunia nyata, seperti rumah, kantor, restoran, kafe, dan bangunan normal lainnya. Disamping itu, sistem suara dalam R6:S bisa dibilang realistis dalam artian setiap detail seperti tembok, kaca, dan bahkan lantai, dapat mempengaruhi suara. Jadi, gunakan fakta ini untuk memperkuat basismu dalam bermain R6:S.


2. Pelajari peta permainan

Sumber gambar: https://www.ubisoft.com/en-gb/game/rainbow-six/siege

Kedua, hal yang perlu diperhatikan yaitu peta itu sendiri. Dalam R6:S, peta merupakan hal yang paling vital karena Sobat Milenial tidak dapat membuka peta dalam permainan. Jadi, sangat disarankan untuk berlatih sendiri dengan private room dan menghafalkan seluruh peta, atau mempelajarinya secara keras dalam permainan langsung sembari dikritik oleh pemain lain, atau melihat layout map secara online melalui website resmi R6:S.


3. Pahami karakter yang dimainkan

Sumber gambar: https://www.ubisoft.com/en-gb/game/rainbow-six/siege

Ketiga, pahami karaktermu. Dalam R6:S, setiap pemain bisa memilih karakter dengan set senjata dan skill yang unik. Karakter dalam game ini disebut “operator”, dan saat ini ada 57 operator yang dapat digunakan. Seluruh operator dibagi menjadi dua jenis yaitu attacker dan defender, masing-masing sebagai penyerang dan penahan. Format permainannya sendiri 5 vs 5 untuk multiplayer. Setiap karakter, dengan skillnya yang unik, juga senjata yang berbeda-beda, membuat pemain harus mendapatkan “feeling” dari setiap operator, mulai dari kecepatannya, berat senjatanya, sampai kekuatan dan kelemahannya.

Baca juga: [REVIEW] Acer Predator Nitro 5, Laptop Gaming Harga Miring yang Multifungsi

 

4. Gunakan senjata yang sesuai

Sumber gambar: https://www.ubisoft.com/en-gb/game/rainbow-six/siege

Masih bersangkutan dengan karakter, yaitu equipmentnya. Setiap senjata yang digunakan harus memiliki kecocokan dengan gaya permainanmu. Kostumisasi senjata dalam R6:S sangatlah penting, karena senjatamu lah yang akan membantumu menyelesaikan tugasmu. Jadi Sobat Milenial harus mencoba berbagai set-up sampai menemukan mana yang pas untuk dipakai bermain. Kostumisasi senjatanya sendiri juga sangat beragam, mulai dari grip (pegangan), muzzle (mulut senjata api), dan sights (alat pembidik). Jika ingin bergaya, juga ada skins yang hanya berlaku sebagai kosmetik senjata.


5. Kerjasama yang baik dengan team

Sumber gambar: https://www.ubisoft.com/en-gb/game/rainbow-six/siege

Selanjutnya adalah teamwork, atau permainan tim. Untuk R6:S, kekuatan dan koordinasi tim sangatlah penting dilakukan demi memenangkan permainan. Di saat menyerang atau bertahan, jika para pemain maju tanpa informasi, yang ada hanyalah mati tertembak dari posisi yang aneh dan sulit dipercaya. Koordinasi penyerangan, pengecohan, lalu mengapit musuh yang terkecoh adalah strategi paling umum, juga paling efektif. R6:S bukan hanya game FPS, tapi juga game yang mengandalkan strategi tim.


6. Persiapkan strategi dengan matang

Sumber gambar: screenshot pribadi

Akal-akalan juga penting dalam game ini, dimana player dapat membuat pandangan untuk menembak dimanapun, dengan sudut yang hampir tidak dipikirkan oleh musuh. Dengan peta yang cukup rumit namun realistis ini, musuh bahkan mampu menghancurkan tembok untuk mengitari peta agar dapat menyerang di titik buta para pemain.


7. Familiar dengan alur game

Sumber gambar: screenshot pribadi

Untuk R6:S, informasi didalam medan adalah hal yang paling vital dalam permainan, maka dari itu, pembiasaan dengan pendengaran, peta, operator, dan senjata adalah dasar bagi game ini agar kamu dapat bertahan hidup dan dapat memenangkan permainan. Jika kamu dapat menguasai 4 hal dasar itu, maka kamu pastinya dapat memberikan kontribusi pada tim, dan menambah pengalaman, yang dilanjutkan dengan membuat titik penglihatan dan titik penyergapan dari posisi yang tak terduga oleh musuh.

Sekarang, Sobat Milenial sudah mengerti dasar-dasar untuk bertahan hidup dalam Rainbow Six: Siege. Selanjutnya, dilain waktu, akan ada tips dan trik untuk mencari informasi secara efisien didalam Rainbow Six: Siege. Stay tuned!


Artikel oleh: Glennanda R. P


Editor: Nur Annisa H.

Jumlah kata: 896

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Rekomendasi Novel Metropop Romance yang Bikin Geregetan

6 Rekomendasi Café dan Resto Outdoor Bernuansa Alam di Jawa Timur

Free Fire Battlegrounds, Mobile Game yang Jadi Primadona di Kalangan Pemuda