7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Agar Kegiatanmu Lebih Produktif

 

Halo Sobat Milenial! Tidak terasa sudah 8 bulan pandemi menerpa negeri ini yang telah memaksa semua orang untuk tetap berdiam diri di rumah dan mengurangi aktivitas di luar. Hal ini tentu sangat berpengaruh pada hidup para milenial yang sudah terbiasa berkegiatan mulai dari sekolah, kuliah hingga pekerjaan. 

Sayangnya, dengan melimpahnya waktu di rumah, malah banyak membuat malas dan kurang produktif, khususnya para milenial. Entah dari faktor bosan harus beraktivitas di tempat yang sama setiap hari, tidak ada teman mengobrol hingga godaan kasur yang sangat besar. Oleh karena itu, kali ini Tim Pojok Milenial akan mengulas terkait tips-tips bagi Sobat Milenial agar tetap produktif menjalani hari-hari sembari berdoa agar pandemi ini kunjung reda. Check it out!


1. Buatlah To-Do List setiap harinya

Tugas-tugas sekolah, kewajiban membantu orang tua, dan waktu bermain seringkali tidak sinkron. Kewajiban yang satu bertumpuk dengan kewajiban yang lain. Hal-hal yang belum terlalu penting seringkali didahulukan. Benar tidak? Jika iya, maka kamu memiliki masalah serius dalam pengelolaan waktumu. Untuk itu, dengan membuat daftar kegiatan setiap harinya akan sangat membantumu dalam membagi waktu lebih efisien dan produktif.

Terlebih dahulu, buatlah list pekerjaan yang perlu diselesaikan dan hal-hal prioritas lainnya. Setelah itu, masukkanlah hal-hal yang paling penting dan perlu dikerjakan segera ke dalam list harianmu itu, seperti deadline, dsb. Jangan masukkan pekerjaan terlalu banyak. Jujurlah pada dirimu sekiranya jumlah pekerjaan yang dapat kamu selesaikan bersama estimasi waktunya. Ingat, jangan terlalu membebani diri hingga akhirnya to-do list yang kamu miliki hanya berakhir menjadi list penundaan. 

 

2. Sisihkan waktu untuk istirahat

Setelah berjam-jam mengerjakan tugas, ambillah waktu untuk mengistirahatkan pikiran dan badanmu. Hal ini dapat membantumu untuk meningkatkan semangat dan menghadirkan ide-ide segar kembali. Usahakan istirahat yang kamu lakukan tidak dengan berselancar di media sosial, tetapi cobalah pergi berjalan-jalan keliling rumah, menghirup udara segar. 

Ini bukan dalam rangka mengurangi berat badan atau menjaga bentuk tubuh, namun untuk melepas penat. Dilansir oleh workzone.com, berjalan-jalan ternyata dapat meningkatkan aliran darah dan kardiovaskuler. Hal ini akan membuatmu tidak terlalu cemas, lebih fokus, dan lebih siap menghadapi stres. Selain itu, beristirahat dengan berjalan-jalan juga dapat meningkatkan kesadaranmu dan tetap menjaga kewarasanmu.

 

3. Bangun lebih awal di pagi hari

Percaya atau tidak, dengan bangun pagi, kamu akan menjadi lebih fresh dan bersemangat. Tentu awali pagimu ini dengan hal-hal yang berfokus pada dirimu, seperti sarapan, berolahraga, atau meditasi. Jangan mulai harimu dengan sibuk membuka gawaimu apalagi google classroom atau email, hal ini seringkali membuat mood langsung turun. Fokus pada dirimu dahulu, nikmati pagimu dengan secangkir teh sambil membaca berita terkini agar selalu update. Mengawali hari dengan membersihkan dan merapikan rumah juga akan membantumu meningkatkan mood seharian. 

 

4. Dahulukan mengerjakan tugas yang sulit

Pekerjaan atau tugas yang paling susah akan banyak sekali menyita waktu kamu. Oleh karena itu, kerjakanlah pekerjaan-pekerjaan yang sulit ini sebelum matahari berada di atas kepalamu. Setelah kamu menyelesaikan semua rutinitas pagimu, mandi dan bersegeralah mengerjakan tugas semacam ini. Hal ini karena di pagi hari, semangatmu masih terjaga dan pikiranmu masih segar. Pada siang hari, berilah sedikit istirahat untuk mengembalikan semangatmu. Jangan taruh pekerjaan berat di jam-jam genting seperti ini, apalagi jika kamu belum mendapatkan makan siangmu. Ini sangat berbahaya. Bukannya menyelesaikan pekerjaan, hal ini malah akan membuat tidak produktif karena melakukan sesuatu yang tidak bisa diselesaikan. 

 

5. Buatlah sistem pendukung

Dengan kondisi hari ini yang mengharuskan kamu untuk sekolah/kuliah online, hal ini banyak memaksa kamu untuk mengecek gadget setiap saat. Padahal dulu, semasa sekolah offline, gadget menjadi salah satu distraction yang sangat mengganggu aktivitas belajar. Tentu hal ini menjadi tantangan yang amat besar, apalagi mungkin ditambah dengan kebiasaan-kebiasaan yang telah lama mengakar, yang mendukung ketidakproduktivan kamu di hari ini. Maka karena itu, buatlah system yang mendukungmu untuk tetap fokus dalam belajar.

Mulai dari mengelompokkan aplikasi-aplikasi yang dapat menggoda fokusmu. Aktifkan “Mode Fokus” di ponselmu yang akan membuatmu hanya dapat membuka beberapa aplikasi pendukung belajarmu. Setelah itu, buatlah slot jadwal untuk membuka aplikasi media sosial atau hal lainnya agar kamu tidak selalu membukanya di tengah pelajaran yang berlangsung karena itu akan sangat mengganggu. Jika kamu memiliki orangtua, saudara atau teman di sekitarmu, jadikan mereka sebagai alarm pengingatmu yang akan senantiasa memantau aktivitasmu dan mengingatkanmu jika kamu terlalu banyak membuang waktu untuk hal yang tidak penting.

6. Stop multi-tasking

Multi-tasking memang terlihat sangat menggiurkan, terutama ketika kamu sudah banyak menunda dan dikejar-kejar deadline di depan mata. Namun, percayalah, hal ini tidak akan banyak membantumu karena kamu perlu membagi fokus untuk banyak hal. Hal ini tidak akan menjadi produktif atau bahkan akan menjadi boomerang karena tidak ada satupun pekerjaan yang dapat kamu selesaikan. 

Dilansir oleh Forbes.com, beralih-alih pekerjaan selama 10 kali dalam sehari dapat menurunkan IQmu kurang lebih 10 poin. Selesaikanlah banyak hal dengan lebih efisien dan efektif dengan mengerjakan satu pekerjaan dalam satu waktu dan segera beralih dari pekerjaan yang telah selesai ke pekerjaan yang belum terselesaikan.

 

7. Berhenti dan evaluasi

Terakhir, ketika kamu memiliki banyak tanggung jawab, coba berhenti sejenak dan tengok pekerjaan-pekerjaan yang telah kamu selesaikan. Hitung berapa yang rampung, berapa yang belum, dan lihat kembali prioritasmu. Mengevaluasi bukanlah sesuatu yang membuang waktumu, hal ini justru akan lebih memudahkanmu memetakan tugas dan pekerjaan lainnya ke depan agar lebih efektif dan efisien.

Di atas adalah tips-tips untuk membuat tetap produktif di rumah dan menjaga kesadaranmu di tengah pandemi yang melelahkan ini. Tetap positif dan jaga kesehatan. Selamat mencoba, Sobat Milenial!

 

 

Artikel oleh: Nia M. 

Editor: Shinta W.

Jumlah kata: 867

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Rekomendasi Novel Metropop Romance yang Bikin Geregetan

6 Rekomendasi Café dan Resto Outdoor Bernuansa Alam di Jawa Timur

Free Fire Battlegrounds, Mobile Game yang Jadi Primadona di Kalangan Pemuda